Pages

Saturday, March 15, 2014

Dugaan Pesawat MH370 Jatuh Di Selat Malaka Makin Menguat

Hingga kini keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 belum diketahui keberadaannya. Pemerintah Malaysia dibantu beberapa negara gencar melakukan pencarian di beberapa lokasi yang diyakini tempat pesawat tersebut kandas.

Perjalanan MH370
Namun hingga Rabu (12/3) pencarian yang dilakukan belum membuahkan hasil. Meski demikian secercah harapan mulai muncul di hari kelima pencarian tersebut.

Diyakini pesawat yang mengangkut 239 penumpang itu berada di Selat Malaka. Pencarian yang melibatkan 40 kapal dan 3 lusin pesawat terbang kini difokuskan ke wilayah perairan antara Pulau Sumatera dan Malaysia itu.

Berikut beberapa petunjuk yang mengindikasikan pesawat Malaysia Airlines tersebut kandas di perairan Selat Malaka.

1. Radar deteksi penampakan terakhir MH370 di Selat Malaka

Kepala Staf Angkatan Udara Malaysia Rodzali Daud mengatakan radar militer milik Negeri Jiran itu telah mendeteksi sinyal diduga dari pesawat jet Malaysia Airlines yang hilang sejak Sabtu pekan lalu di suatu daerah di sebelah utara Selat Malaka, ratusan kilometer dari titik di mana pesawat itu hilang dari layar pantauan lalu lintas udara.


Rodzali mengatakan saat menggelar jumpa pers pelacakan itu terjadi pada pukul 2.15 waktu setempat pada Sabtu (8/3), sekitar 45 menit setelah pesawat dengan 239 penumpang itu menghilang dari layar menara pengawas lalu lintas udara di pertengahan antara pantai timur Malaysia dan Vietnam, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Rabu (12/3).


Dia mengatakan radar melacak pesawat itu di titik 320 kilometer sebelah barat laut Pulau Penang di pantai barat Malaysia.


Namun, Rodzali menekankan informasi memang diperlukan untuk menguatkan kabar tersebut.

2. Pelampung yang diduga MH370 ditemukan di Selat Malaka

Sekelompok nelayan Malaysia kemarin menemukan sebuah rakit pelampung dengan tulisan 'Boarding', 16 kilometer laut dari Kota Port Dickson, Negara Bagian Negeri Sembilan, pada pukul 12.00 waktu setempat.


Salah satu nelayan, Azman Mohamad, 40 tahun, mengatakan mereka menemukan rakit rusak parah mengambang dan segera memberitahu Badan Pengawas Kelautan Kuala Linggi Malaysia (MMEA) di Malaka untuk membantu mengangkat rakit itu sebab sangat berat, seperti dilansir situs asiaone.com, Rabu (12/3) kemarin.


"Kami berusaha mengikat rakit itu ke perahu sebab kami khawatir rakit itu akan tenggelam karena rusak," kata Azman.


Ketika perahu MMEA tiba, para nelayan kemudian menyerahkan rakit itu ke dalam pengawasan mereka.


Namun, seorang juru bicara MMEA Kuala Linggi mengatakan rakit itu tenggelam ke dalam laut ketika mereka mencoba untuk membawa rakit itu ke atas kapal. 

3. Pencarian di perairan Vietnam dihentikan

Tiba-tiba pemerintah Malaysia memfokuskan pencarian pesawat MH370 yang hilang di wilayah Laut Andaman dan Selat Malaka. Hal ini tentu membuat bingung pemerintah Vietnam yang selama ini terus mengobok wilayah-wilayah.


Bahkan pencarian di wilayah perairan Vietnam dihentikan menunggu kepastian dari Malaysia tentang lokasi yang dicurigai tempat pesawat nahas itu jatuh.


Pencarian Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak Sabtu (8/3) kini diperluas ke Laut Andaman. Pencarian baru ini bergeser ratusan kilometer ke arah barat laut dari radius awal pencarian di sekitar perairan Vietnam.


"Kami telah memutuskan untuk menghentikan sementara beberapa kegiatan pencarian dan penyelamatan, sambil menunggu informasi dari Malaysia," ujar Wakil Menteri Transportasi Vietnam, Pham Quy Tieu.

4. Pesawat MH370 menyimpang 563 Km

Posisi terakhir pesawat Malaysia Airlines hingga kini masih simpang siur. Beredar kabar? MH370 menyimpang sejauh 563 kilometer dari jalur seharusnya hingga ke Selat Malaka.


Namun Kepala Angkatan Udara Malaysia Jenderal Rodzali Daud hari membantah dugaan penerbangan MH370 menyimpang sejauh 563 kilometer dari jalur seharusnya. Rodzali mengatakan dia tidak pernah menyatakan pesawat Malaysia Airlines terpantau di radar berada di Selat Malaka, di pesisir barat Malaysia, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Rabu (12/3).


"Saya tidak membuat pernyataan itu," kata Rodzali. Tapi dia juga tidak menutup kemungkinan pesawat itu berbalik arah.


Jika benar MH370 berbalik arah menuju Selat Malaka maka berarti pesawat itu berada pada jarak satu jam dari kontak terakhir dengan petugas pengawas lalu lintas udara dan jauh dari jalur seharusnya yakni Kuala Lumpur menuju Beijing. Selain itu ada dugaan alat transponder untuk pelacakan radar dimatikan oleh seseorang di cockpit pesawat.


Tim SAR Vietnam hari ini mengatakan mereka menghentikan sementara pencarian di wilayah Laut China Selatan karena informasi dari Malaysia membingungkan.
Baca Juga :

Ditulis Oleh : Irvan Ardea | Thanks For Visiting

Iqballz Shinobee Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Dugaan Pesawat MH370 Jatuh Di Selat Malaka Makin Menguat. Dengan url http://info-irvan.blogspot.com/2014/03/dugaan-pesawat-mh370-jatuh-di-selat.html. Jika anda suka dengan artikel ini silahkan ambil dengan syarat dan ketentuan jika anda ingin meng copy-paste tolong berikan sumbernya dan baca terlebih dahulu Terima Kasih...

:: Kumpulan Informasi Dunia ::


Comments
1 Comments

1 comment:

Peraturan Berkomentar :

1. Berkomentarlah Sesuai Artikel.
2. Untuk Berkomentar Gunakan (OpenID / Google+ / Facebook).
3. Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Jelas.
4. Relevan.
5. Sopan.

Dilarang :

1. SPAM.
2. Link Aktif.
3. Promosi (Iklan).
4. OOT (Out Of Topic).

FollowLike Share It Get Website Traffic